Pj. Bupati Garut Sambut Kunjungan TP PKK Kota Surakarta

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 01 Agustus 2024
Dibaca: 31

Pj. Bupati Garut Sambut Kunjungan TP PKK Kota Surakarta

Studi Tiru TP PKK Surakarta, belajar dari keberhasilan Garut

GARUT, Garut Kota - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut, Sri Kartika, menerima kunjungan studi tiru dari TP PKK Kota Surakarta di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (31/7/2024).

Dalam sambutannya, Barnas mengucapkan selamat datang kepada rombongan TP PKK Kota Surakarta. Ia berharap para tamu merasa bahagia selama kunjungan mereka dan dapat melihat keanekaragaman yang dimiliki oleh Kabupaten Garut.

Garut memiliki sentra kulit terbesar dengan lokasi produksi kulit yang menawarkan harga beragam. Barnas juga memperkenalkan makanan khas Garut yang terkenal lezat. 

"Jangan ditanya, ada dua makanan di Garut itu, enak dan enak sekali. Jadi saya disini makan apapun gak ada yang gak enak, jadi kalau gak enak, enak sekali begitu kurang lebih," ucapnya.

Barnas juga memperkenalkan potensi domba adu terbaik di Indonesia yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. "Domba Garut terkenal selain karena kulitnya, juga sebagai domba tarung terbaik se-Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Sri Kartika, mengungkapkan bahwa pihaknya melanjutkan program kerja yang telah ada dalam pelaksanaan 10 Program PKK, salah satunya adalah meningkatkan jiwa dan sifat relawan melalui kekeluargaan yang erat di antara pengurus PKK.

"Kami juga membagi tugas kepada setiap pengurus TP PKK melalui tim bina wilayah dan tim bina lomba secara kontinyu, mengevaluasi hasil bina wilayah dan bina lomba, serta memecahkan masalah yang ada," jelas Sri Kartika.

Sri Kartika, yang akrab disapa Ika, menyampaikan bahwa Kabupaten Garut telah banyak meraih prestasi, termasuk Desa Rancasalak yang baru-baru ini meraih Juara 1 Lomba Desa tingkat Provinsi Jawa Barat. 

"UMKM binaan PKK Kampung Mandiri ada 240 buah, dengan usaha mikro meningkat sebesar 53% dibandingkan tahun 2022, dan kelompok UP2K sebanyak 1636 kelompok," tambahnya.

Ketua TP PKK Kota Surakarta, Mukilah Budi Martono, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan persaudaraan dengan Kabupaten Garut serta bertukar wawasan terkait pengelolaan dan pemasaran UMKM.

"Juga yang paling menarik ini adalah wisatanya. Tadi sudah dijelaskan Bapak Pj. Bupati itu potensinya luar biasa di Kota Garut ini, potensi wisatanya juga prestasinya juga tidak kalah banyak," ucapnya.

Usai diterima resmi, Rombongan TP PKK Kota Surakarta selanjutnya mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan di antaranya Chocodot World dan Astiga Leather.


Caption :

Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut, Sri Kartika, menerima kunjungan studi tiru dari jajaran TP PKK Kota Surakarta yang berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (31/7/2024). (Foto: Anggana Mulia/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto 




Komentar
Isi Komentar