Pemkab Garut Gelar Doa Bersama Sambut HUT ke-79 RI

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 16 Agustus 2024
Dibaca: 57

Pemkab Garut Gelar Doa Bersama Sambut HUT ke-79 RI

GARUT, Tarogong Kidul - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar acara doa bersama yang berlangsung di Masjid At-Tauhid Setda Kabupaten Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (16/8/2024). Acara ini bertujuan untuk memohon keselamatan bangsa dan negara, khususnya untuk Kabupaten Garut.

Acara tersebut dihadiri oleh para asisten, staf ahli, dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Garut, serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut, Saepulloh. Doa bersama ini dipimpin oleh KH. Agus M. Soleh, Pimpinan Ponpes Al Munawwaroh, Limbangan. Selain itu, lima qori dan qoriah berprestasi asal Kabupaten Garut turut membacakan ayat-ayat suci Alquran.

Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, dalam sambutannya mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Ia menekankan pentingnya keseimbangan antara aspek lahiriah dan batiniah, khususnya dalam momen peringatan HUT RI, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga memberikan motivasi kepada diri kita untuk berbuat lebih baik lagi, lebih keras lagi, dan tentu bermanfaat bagi umat manusia lainnya," ujar Barnas.

Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah kegiatan seremonial saja, namun juga dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

"Jadi jangan keluar dari masjid ini ya kita biasa, lalu tidak ada perubahan. Nah yang paling penting walaupun sedikit ada perubahan (menjadi lebih baik)," lanjutnya.

Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, menambahkan bahwa peringatan HUT RI di Kabupaten Garut tidak hanya diisi dengan kegiatan yang bersifat kegembiraan, tetapi juga dengan doa-doa, baik di tingkat kabupaten maupun di setiap kecamatan.

"Yang pertama untuk menunjukkan rasa syukur kita pada Allah atas kemerdekaan yang diberikan, juga kita bermunajat semoga masyarakat Kabupaten Garut diberi perlindungan oleh Allah SWT," kata Bambang.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada momen tertentu, tetapi dapat terus dilakukan untuk menjaga ukhuwah islamiyah, khususnya di kalangan ASN di lingkungan Pemkab Garut.

Selain doa bersama yang dipimpin oleh KH. Agus M. Soleh, Pimpinan Ponpes Al Munawwaroh, Limbangan, juga dikumandangkan ayat suci Alquran oleh lima qori dan qoriah berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, yakni :

1. Hasna Natsrotunnadwah - Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 cabang Murotal Remaja;

2. Siti Nuraeni Salisah - Juara 1 tingkat; Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 cabang Tilawah Remaja

3. KH. Saep Saepudin - Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2008 cabang Tilawah Dewasa

4. KH. Farhanudin - Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2011 Cabang Tilawah Dewasa

5. KH. Zamzam Mubarok - Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 cabang Tilawah Dewasa.


Caption :

Pelaksanaan Haflah Tilawah Al-Qur'an dan Doa bersama yang berlokasi Masjid At-Tauhid Setda Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at (16/8/2024). (Foto:  Muhamad Azi Zulhakim/ Moch Ahdiansyah/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar