Kebakaran Lahan Kembali Terjadi, Beruntung Rambatan Api Bisa Dicegah

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Jumat, 03 September 2021
Dibaca: 479

Garut. Garut Kota. Kebakaran lahan lagi-lagi terjadi. Kali ini Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut melaksanakan penanganan kebakaran lahan bambu milik Siti (54) di wilayah kelurahan Paminggir, kecamatan Garut Kota. Kali ini petugas mendapatkan laporan pada hari Kamis, 02 September 2021 sekitar pukul 15.27 WIB.

Petugas langsung merespon dengan menurunkan 2 unit kendaraan pemadam. Saat tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran, petugas lansung melakukan pemadaman dengan menyisir titik api. Lahan bambu dan semak belukar seluas 500 m2 dilalap api dan terlihat menjalar mengikuti arah angin. Beruntung, lahan dengan luas keseluruhan tanah sekitar 1.300 m2 akhirnya bisa terselamatkan dan mencegah rambatan ke pemukiman warga.

Berdasarkan keterangan dari pemilik lahan, biasanya dijumpai orang-orang yang berlalu lalang di lahan tersebut maupun yang sering berkumpul. Diduga, ada salah seorang warga yang membuang puntung rokok sembarangan dan menjadi pemicu munculnya api dikarenakan banyak daun-daun kering yang begitu mudah terbakar.

Penanganan ini dibantu oleh Satpol PP dan warga setempat. Kejadian kebakaran lahan ini menjadi yang kesekian kalinya terhitung dari bulan Agustus hingga September ini.Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Kebakaran, Dhany Ramdhany lagi lagi memberikan himbuan terhadap masyarakat agar tidak ceroboh dalam membuang puntung rokok.

“Puntung rokok menjadi salah satu penyebab kebakaran yang seringkali terjadi. Lahan kebun maupun lahan kosong dengan kondisi kering tentunya menjadi salah satu tempat yang rawan terjadi kebakaran. Apalagi dengan adanya aktivitas membuang puntung rokok sembarangan yang menjadi sebab munculnya api. Hendaknya masyarakat lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam membuang puntung rokok karena dapat menjadi petaka” Ujarnya.


(Rendra Pranata/ Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar