Hujan Deras Disertai Angin Kencang Mengakibatkan Sebuah Pohon Tumbang Di Wilayah Cibatu

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 25 April 2022
Dibaca: 358

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Mengakibatkan Sebuah Pohon Tumbang Di Wilayah Cibatu

GARUT, Limbangan - Hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi pada hari Minggu (24/04/2022) mengakibatkan sebuah pohon tumbang di jalan Congkang, Desa Sindangsuka, Kecamatan Cibatu sekitar pukul 18.00 WIB. Informasi diterima oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut Wilayah I,Bl Limbangan. Tim langsung bergegas ke lokasi dengan menurunkan satu unit kendaraan, 4 orang anggota dan alat gergaji mesin.


Saat tiba di lokasi, petugas menemukan sebuah pohon yang tumbang dan menghalangi bahu jalan sehingga laju kendaraan baik roda dua maupun roda empat sempat terhambat. Petugas langsung melakukan tindakan dengan memotong batang dan dahan pohon tersebut dalam beberapa bagian agar mudah untuk dievakuasi.

Evakuasi pohon tumbang ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam karena ukuran pohon yang cukup besar. Instansi yang juga terlibat dalam penanganan ini diantaranya Polsek Cibatu, Satpol PP Cibatu, Aparat Desa Sindangsuka dan warga setempat.


Aden Jamaludin selaku Kepala UPT Disdamkar Limbangan menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dikala cuaca hujan seperti saat ini.

"Pohon tumbang seringkali terjadi seiring terjadinya kenaikan intensitas hujan. Kewaspadaan terhadap berbagai kemungkinan bencana yang terjadi perlu ditingkatkan dikala cuaca hujan dan angin kencang yang melanda akhir-akhir ini. Apabila mengalami kondisi darurat segera laporkan ke pihak Disdamkar". Himbaunya.




Komentar
Isi Komentar