DKP GARUT MENGGELAR PANGLING (PANGAN KELILING) SEBAGAI UPAYA STABILISASI HARGA PANGAN

By: Dinas Ketahanan Pangan
Jumat, 17 September 2021
Dibaca: 715

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Kabupaten Garut bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat melaksanakan program Gelar Pangan Keliling (Pangling) di lingkungan halaman kantor Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut pada tanggal 16-17 September 2021.

TTIC merupakan sarana bagi gapoktan/suplier/produsen pangan lainnya untuk memasarkan komoditas pangan hasil produksi pertanian. Keberadaan TTIC Kabupaten Garut yang merupakan binaan dari DKP Garut diharapkan mampu memangkas mata rantai distribusi komoditas pangan sehingga harga dapat dikendalikan lebih rendah daripada harga pasar pada umumnya.

Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi pendapatan petani selaku produsen pangan dan kesejahteraan masyarakat luas selaku konsumen akhir. Oleh karena itu, pengendalian stabillitas harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Garut.

Plt. Kepala DKP Garut, Ir. H. Yudi Hernawan, MP, menyampaikan bahwa “Kegiatan pangling ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan hari pangan sedunia guna menjaga stabilitas harga pangan. Kegiatan Pangling ini mempertemukan langsung produsen dengan konsumen sehingga para petani produsen akan mendapatkan harga jual yang relatif lebih baik karena rantai tata niaga lebih pendek, sedangkan masyarakat konsumen dapat dengan mudah memperoleh bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau”.

Pada kegiatan Pangling ini beberapa kebutuhan pokok disediakan dan dijual dengan harga di bawah pasar. Seperti harga beras dijual dengan harga Rp. 43.500 /5kg, telur Rp. 18.000 /kg, bawang putih Rp. 12.500 /0,5kg, bawang merah Rp. 18.000 /kg, cabai rawit dan cabai merah keriting Rp. 5.000 /bungkus, gula pasir Rp. 12.500 /kg, daging ayam Rp. 30.000 /kg, daging sapi mulai dari harga Rp. 88.000 s.d Rp. 92.000 /kg dan aneka sayuran lainnya mulai harga Rp. 5.000.

Warga Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota sangat antusias menyambut kegiatan Gelar Pangan Keliling yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, sehingga tujuan dari program ini dapat tercapai dengan baik.




Komentar
Isi Komentar