Disdamkar Melaksanakan Pembentukan Relawan Kebakaran di Wilayah Kerja UPT Bungbulang

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Jumat, 22 Oktober 2021
Dibaca: 517

Garut. Bungbulang. Kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai jenis bencana perlu dilakukan. Salah satu bencana yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja adalah kebakaran. Guna mencapai lingkungan siaga kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut melaksanakan kegiatan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di wilayah Kecamatan Pakenjeng. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (21/20/2021) dan diikuti sebanyak 25 peserta dari 13 desa.

Peserta diberikan materi seputar kebakaran, seperti unsur pembentuk api, faktor penyebab kebakaran hingga cara penanggulangan kebakaran. Kegiatan simulasi dan praktek juga dilakukan kepada setiap peserta.

Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran, Dedi Kartiwan mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL).

"Kerjasama menjadi kunci yang harus terjalin antara Dinas dengan masyarakat Redkar untuk mencapai SKKL. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan skill untuk melakukan penanganan awal ketika terjadinya kebakaran, baik dengan cara tradisional maupun dengan cara modern, seperti menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)".

Kegiatan sosialisasi dan simulasi ini kemungkinan akan berlanjut di Kecamatan yang berbeda. Untuk 2 bulan kedepan, sasaran selanjutnya adalah Kecamatan Cisewu dan Kecamatan Talegong.

(Rilis/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar