Disdamkar Garut Inspeksi Sistem Proteksi Kebakaran Gedung Perkantoran

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 21 Juli 2020
Dibaca: 859

Disdamkar Garut melakukan Inspeksi pada beberapa kantor di lingkungan Pemda Garut yaitu kantor Dinas Pendidikan, Disdukcapil, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian, hari ini 21 Juli 2020. Selain melakukan inspeksi resiko kebakaran, inspeksi juga dilakukan terhadap alarm system dengan melakukan heat detector test yang terpasang pada setiap ruangan. Inspeksi kemudian dilakukan pada APAR/Fire extinguisher terpasang serta terhadap tanda dan arah evakuasi menuju assembly point/titik aman berkumpul. Dari keseluruhan hasil inspeksi terhadap system terpasang, ada beberapa saran yang wajib ditindak lanjuti demi keselamatan pengguna bangunan.

Adapun Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk memberikan jaminan rasa aman terhadap bahaya kebakaran bagi seluruh pengguna gedung perkantoran.

Prasarana proteksi kebakaran meliputi ketersediaan sumber air untuk pemadaman apabila terjadi kebakaran, akses mobil damkar, sarana jalan ke luar/rute evakuasi dan  sistem proteksi kebakaran meliputi sistem deteksi dan alarm kebakaran, sistem komunikasi suara darurat, sistem pemadam kebakaran sangat penting disediakan untuk menjamin keselamatan pengguna bangunan.

Proteksi Kebakaran merupakan peralatan sistem perlindungan/pengamanan bangunan gedung dari kebakaran yang di pasang pada bangunan Gedung.

Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) adalah bagian dari manajemen gedung untuk mewujudkan keselamatan penghuni bangunan gedung dari kebakaran dengan mengupayakan kesiapan instalasi proteksi kebakaran agar kinerjanya selalu baik dan siap pakai.

Sistem proteksi kebakaran yang secara lengkap terdiri atas sistem pendekatan kebakaran baik manual ataupun otomatis, sistem kebakaran berbasis air seperti springkler, pipa tegak dan selang kebakaran, serta sistem pemadam kebakaran.

Sistem  proteksi aktif meliputi kemampuan peralatan  dalam mendeteksi dan memadamkan kebakaran, pengendalian asap  dan sarana penyelamatan kebakaran serta sistem pemadam kebakaran.adapun sistem Proteksi pasif  meliputi bahan bangunan gedung, kontruksi bahan bangunan gedung, kompartemenisasi dan pemisahan dan penutup pada bukaan.




Komentar
Isi Komentar