CFD Kedua di Garut Disambut Antusias, Beragam Layanan Publik Diminati Warga

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 09 September 2024
Dibaca: 22

CFD Kedua di Garut Disambut Antusias, Beragam Layanan Publik Diminati Warga

GARUT, Garut Kota - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali menggelar Car Free Day (CFD) untuk kedua kalinya pasca diberhentikan akibat pandemi Covid-19. Acara yang berlangsung di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dari samping Rumah Tahanan (Rutan) Garut hingga Toserba Asia, ini menyedot animo masyarakat pada Minggu pagi (8/9/2024).

CFD kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan Jalan Sehat yang digelar oleh Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Seperti pada CFD sebelumnya, berbagai layanan publik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan beberapa instansi vertikal maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) disediakan untuk masyarakat.

Salah satu SKPD yang berpartisipasi adalah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Kabupaten Garut, yang menyediakan layanan Nomor Induk Berusaha (NIB) gratis, desain kemasan gratis, dan pengurusan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kepala Diskop UKM, Rizky Ridznurdhin, mengatakan kehadiran layanan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UKM di Garut.

"Luar biasa antusiasme masyarakat sangat positif, terbukti dari beberapa layanan, beberapa orang mereka ingin diskusi lebih lanjut dan langsung mengisi formulir. Supaya nanti jadi bahan proses selanjutnya, luar biasa lah," ujar Rizky.

Rizky menjelaskan layanan tersebut tidak hanya tersedia saat CFD tetapi juga dapat diakses di kantor Diskop UKM Garut, Koperasi Parigel, atau secara online melalui media sosial Diskop UKM.

"Kita sudah memilki Myopia, jadi Myopia khusus diberikan kepada masyarakat pelaku UKM yang ingin mendesain kemasannya sesuai dengan imajinasi fantasinya mereka menggunakan teknologi artificial intelegnt, jadi bisa dimana aja, kapan aja 24 jam," ucapnya.

Tak hanya Diskop UKM, Diskominfo Kabupaten Garut juga menghadirkan mobil Kolink (Diskominfo Keliling) dan berkolaborasi dengan operator seluler untuk memberikan layanan seputar produk seluler, ganti simcard, upgrade simcard 4G, hingga keluhan jaringan.

Ia berharap ke depan Kabupaten Garut betul-betul memiliki akses komunikasi yang lebih baik lagi, dan tidak ada lagi daerah-daerah yang blankspot ataupun tidak ter-cover oleh area-area provider.

"Alhamdulillah tadi saya lihat masyarakat banyak yang berinteraksi dengan provider-provider tersebut, termasuk juga dengan kami terkait dengan layanan telekomunikasi yang ada di Garut," tutur Egga.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Seluler Garut (Hipsega), Eggy Airlangga, menyambut baik dan mendukung upaya kolaborasi antara operator seluler dengan pemerintah, khususnya dengan Diskominfo. Ia berharap ke depan acara seperti ini bisa terus berkesinambungan.

"Harapannya mungkin ke depannya lebih baik, karena kan kebutuhan untuk data digital akan terus meningkat," ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Disnakertrans Kabupaten Garut, Muksin, menjelaskan bahwa pihaknya menyediakan layanan pembuatan Kartu AK1 atau kartu kuning. Ia memaparkan banyak masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pihaknya. Muksin pun menerangkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan ketenagakerjaan ini, terutama untuk wilayah-wilayah yang jauh.

"Jadi kepada warga masyarakat kalau untuk mendapatkan layanan AK1 ini (atau) Kartu Kuning kalau persyaratannya sudah tercukupi insha Allah ini tidak akan lama, kemudian ini juga bisa dilakukan secara online, di aplikasi Siap Kerja bisa online juga nanti pencetakannya di Disnaker," papar Muksin.

Muksin juga memperkenalkan inovasi penggunaan pembangkit listrik tenaga surya pada mobil pelayanan sebagai wujud kontribusi dalam mengurangi efek gas karbon.

"Nah ini kapasitasnya 10 ribu watt. Jadi ini sangat mencukupi lah ya, kalau untuk beberapa pelayanan kami menyumbang listrik untuk DPMPT, kemudian untuk BPJS Ketenagakerjaan," tandasnya.

CFD kali ini juga diramaikan oleh berbagai layanan lain seperti administrasi kependudukan oleh Disdukcapil, pemeriksaan kesehatan hewan oleh Diskannak, dan layanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan. 

Antusiasme masyarakat yang tinggi menunjukkan pentingnya keberlanjutan acara ini dalam mendekatkan layanan publik kepada warga Garut.


Caption :

Beberapa layanan publik yang dilaksanakan di Car Free Day di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (8/9/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim & Nindi Nurdiyanti/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar