Barnas Adjidin Buka Resmi PORKAB Garut 2024

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 22 Juli 2024
Dibaca: 136

Barnas Adjidin Buka Resmi PORKAB Garut 2024

Diikuti 5496 Atlet, 26 Cabor, dan 245 Nomor Pertandingan

GARUT, Tarogong Kidul - Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Garut Tahun 2024 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, di Lapangan SOR Merdeka Kerkhof, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, pada Minggu malam (21/7/2024). Seremoni pembukaan ditandai dengan pembunyian sirine oleh Pj Bupati Garut dan Forkopimda Garut, serta penyalaan api obor oleh tiga atlet berprestasi dari Garut: Neng Ida Ariani (Tenis Meja), Berliana Nur Fadilah Fitri (Selam), dan Muhammad Rizal Setiawan (Karate).

Sebelum acara pembukaan, Pj Bupati Garut bersama jajaran menikmati pertunjukan seni budaya bertema "Mengolah Budaya Menuju Prestasi", termasuk penampilan barongsay dan diakhiri defile peserta PORKAB Garut 2024 dari 42 kecamatan.

Dalam sambutannya, Barnas mengapresiasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut atas terselenggaranya acara pembukaan yang meriah ini. Ia juga bersyukur atas penyelenggaraan PORKAB ke-5 yang diikuti oleh 42 kontingen dari seluruh kecamatan di Kabupaten Garut.

Barnas menekankan pentingnya PORKAB sebagai ajang untuk menyeleksi atlet berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Garut di tingkat yang lebih tinggi, seperti Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Barat. Ia berharap pemerintah daerah dan DPRD dapat meningkatkan anggaran untuk kegiatan olahraga di masa mendatang.

"Saya sangat mendukung terhadap langkah-langkah keolahragaan, mudah-mudahan ke depan Pemerintah Kabupaten Garut dan juga DPRD bisa menganggarkan lebih banyak lagi daripada tahun 2024 ini," ujar Barnas.

Barnas mengatakan olahraga merupakan ajang silaturahmi juga ajang membangun karakter, sehingga dalam pelaksanaan PORKAB ini Ia berpesan agar dilaksanakan secara sportif.

"Saya berharap PORKAB ini dilaksanakan secara sportif dan membawa Garut masuk dalam 5 besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat," ujar Barnas.

Dengan  slogan unggul, imbuh Barnas, tentunya harus unggul di semua aspek termasuk aspek keolahragaan.

"Tentu pembinaan harus terus ditingkatkan, sarana prasarana juga harus ditingkatkan, juga para pegiat-pegiat olahraga kita dukung untuk memajukan olahraga Garut," ujar Barnas.

Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin, menyampaikan bahwa PORKAB bertujuan untuk menemukan bibit-bibit atlet potensial yang akan dibina lebih lanjut. Syakur menekankan pentingnya kompetisi yang berjenjang, sistematis, dan teratur untuk meningkatkan jam terbang atlet sehingga mereka semakin matang dalam menghadapi berbagai kompetisi, agar bisa melahirkan atlet-atlet kebanggaan Kabupaten Garut. 

"Supaya nanti kita bisa mengharapkan atlet-atlet kita memiliki jam terbang yang semakin banyak sehingga membuat mereka semakin matang dalam mengikuti berbagai macam kompetisi," tutur Syakur.

Ketua Pelaksana Porkab Garut Tahun 2024, Subhan Rohmansyah, menyatakan bahwa PORKAB tahun ini diikuti oleh 26 cabang olahraga, dengan total 245 nomor pertandingan dan 5.496 atlet yang berkompetisi untuk memperebutkan 245 medali emas, 245 medali perak, dan 304 medali perunggu. Acara ini berlangsung di 7 venue yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, yakni di Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Kadungora, Cibiuk, Cibatu, dan Kecamatan Cisurupan.

Subhan mengungkapkan bahwa PORKAB 2024 memiliki tiga target utama: sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi. Selain pertandingan olahraga, Porkab tahun ini juga menyelenggarakan bazar UMKM dengan 100 tenda di SOR RAA Adiwijaya, serta wahana permainan dan panggung kesenian.


Caption :

Opening Ceremony Porkab Garut Tahun 2024 dibuka resmi Pj. Bupati Garut, di SOR Merdeka Kerkhof, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu malam (Foto : M. Azi Zulhakim & Moch. Ahdiansyah/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar