Wabup Garut Tinjau Proses Pembelajaran Siswa SMPN 3 Cilawu Melalui TV Kabel

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Selasa, 11 Agustus 2020
Dibaca: 460

Wakil Bupati (Wabup) Garut dr. Helmi Budiman, Senin (10/08/2020) meninjau proses belajar siswa-siswi SMP Negeri 3 Cilawu yang menerapkan tv kabel sebagai media pembelajaran yang efektif di masa pandemi.

Menurut Wabup, melihat pengalaman yang sudah dilakukan oleh SMP Negeri 3 Cilawu ternyata 100% siswa bisa belajar ter-cover belajar melalui televisi dan sudah menyiapkan perangkat evaluasinya. "Sebenarnya di pemda sendiri di Dinas Pendidikan kita sudah merencanakan dan prosesnya sedang dilakukan," kata Helmi di sela-sela peninjauan.

Proses belajar melalui tv ini bisa lebih luas terjangkau ke seluruh masyarakat atau siswa-siswi di Kabupaten Garut. Ia berharap segera terwujud, tinggal memikirkan daerah selatan, karen belum dicoba. "Kita jajaki kerjasama dengan tv kabel yang disana mudah-mudahan ini juga akhirnya bisa meng-cover seluruh proses belajar-mengajar yang diperlukan oleh siswa siswi melalui media, khususnya televisi," harapnya. Menurutnya, bupati sendiri sudah menyetujui, dan Dinas Pendidikan baru mengusulkan seratus juta rupiah, termasuk di dalamnya untuk keperluan operasional dan perbaikan. "Seratus juta itu untuk seluruh karena kita ada TV yang bisa menjangkau beberapa kecamatan g Garut utara dan tengah sama," jelasnya.

Untuk pengelolaan, nantinya diserahkan ke Dinas Pendidikan, karena nanti akan mengambil dari beberapa sekolah dan guru-guru. Selanjutnya produksi filmnya ditampilkan di tv chanel.

Terkait dengan legalitas dari tv chanel itu sendiri dikarenakan dihawatirkan dari pihak balmon (balai monitoring) yang akan melakukan kunjungan, Wabup Helmi, menjelaskan, TV lokal ini  untuk pendidikan dan pihaknya siap  bekerjasama bila memang nantinya harus ditempuh perizinan. "Kita tempuh perizinan, tapi ya karena ini memang sangat kita butuhkan apalagi kemarin ada kasus, dan Saya kira banyak ya ini mewakili siswa-siswa yang tidak mampu mereka tidak punya gadget, tidak punya HP sehingga ini perlu dibantu dengan media lain," pungkasnya.




Komentar
Isi Komentar