Petugas Disdamkar Garut Evakuasi Sarang Tawon Yang Selimuti Tiang Parabola

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 16 Maret 2022
Dibaca: 524

GARUT, Tarogong Kidul - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut melakukan evakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga di Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut pada hari Rabu 16 Februari 2022.

Wakil Komandan Regu 1 Disdamkar Garut Yusan Rizal saat dikonfirmasi mengatakan, proses evakuasi sarang tawon yang berada di tiang parabola ini berjalan dengan lancar. "Persiapan yang matang seperti strategi, juga peralatan merupakan faktor penunjang keberhasilan saat evakuasi" ujarnya.

Dia menjelaskan, saat itu ia dan dua rekannya sedang melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis dengan diameter antara 30 sampai 40 sentimeter (CM) pada tiang parabola.

Usai berhasil, mengevakuasi sarang tawon, petugas kemudian melakukan pembasahan agar tawon tak kembali membuat sarang.

“kita tutup lubang pintunya lalu kita semprot dengan cairan BBM yang dicampur ramuan khusus, setelah itu kita sterilkan” ia memungkasi.

Sementara, pemilik Rumah Iyus, menambahkan sangat terbantukan dengan petugas Damkar yang membantu proses evakuasi sarang penuh penghuni itu. Lantaran, ia merasa resah dan khawatir takut tawon-tawon yang dikenal bisa mematikan ini menyerang warga sekitar.

“Saya langsung lapor, soalnya sudah besar sekali. Takut mengentup kami dan orang-orang. Alhamdulilah dibantu evakuasi ini,” tanasnya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar