Pentingnya Menguasai Cara Tradisional Menangani Kebocoran Tabung Gas

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Kamis, 03 November 2022
Dibaca: 264

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kembali melaksanakan pemadaman. Kali ini laporan diterima dari Asep (38), warga Desa Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul pada hari Senin (01/11/2022) sekitar pukul 23.30 WIB. Ia melaporkan terjadi kebocoran gas 3 kilogram di rumahnya dan membuat bagian regulator dan selang terbakar.

Mendapati laporan tersebut, Disdamkar langsung meluncurkan 1 unit kendaraan Pancar ke lokasi. Beruntung, dengan sigap petugas menggunakan teknik tradisional untuk memadamkan api dengan menggunakan kain basah. 


Peristiwa ini menunjukkan bahwa memang teknik tradisional dalam memadamkan api dalam kondisi darurat harus bisa dikuasai oleh warga masyarakat. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi hal seperti ini. 

"Simulasi penanggulangan dini kebakaran sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat agar bisa mengantisipasi apabila terjadi kebakaran yang disebabkan kebocoran gas seperti ini. Untuk itu, Disdamkar intens dalam melaksanakan kegiatan tersebut dengan sasaran di tingkat Desa/Kelurahan". Ujar Dedi, Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar. 




Komentar
Isi Komentar