Pasar Leles Terbakar, 412 Kios dan 60 Lapak PKL Dilalap Si Jago Merah

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 21 Juni 2021
Dibaca: 524

Garut. Leles. Kebakaran terjadi di Pasar Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Informasi awal diterima Dinas Pemadaman Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut pada hari Minggu (20/06/2021) sekitar pukul 23.00 WIB dari warga via telepon darurat. Menerima laporan ini, petugas langsung meluncur ke TKP.

Begitu dahsyatnya kobaran api saat petugas tiba. Api dengan mudah merambat karena keberadaan kios-kios yang padat dan banyak bahan yang mudah terbakar. Total 6 unit kendaraan dikerahkan guna menjinakkan api, terdiri dari 3 Unit Pancar, 2 Unit Water Supply dan 1 Unit Rescue. Petugas berjibaku memadamkan api hingga beberapa kali membutuhkan supply air karena api tak kunjung padam. Petugas membutuhkan sekitar 10 jam untuk memastikan api benar-benar padam dan situasi dinyatakan aman. 

Hasil penyelidikan diduga api berasal dari hubungan pendek arus listrik. Akibat kejadian ini, 412 kios dan 60 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) habis dilalap api. Kerugian masih dalam proses perhitungan oleh petugas yang berwenang. 

Beberapa unsur turut membantu, diantaranya TNI, Polri, Satpol PP,  Dishub, BPBD, Satlakar, Keamanan Pasar dan warga sekitar. Sekitar pukul 09.00 WIB akhirnya petugas pemadam meninggalkan TKP dan memastikan situasi telah kondusif.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Wawan Sobarwan menyatakan kejadian ini sebagai salah satu musibah besar, mengingat setiap kebakaran pasar mengakibatkan dampak kerugian yang sangat besar. Ia juga turut menghimbau kepada setiap pemilik kios pasar dalam memperhatikan instalasi listrik, terutama kondisi kabel. Karena seringkali ditemukan penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan standar. 




Komentar
Isi Komentar