Disdamkar Tangani 2 Kejadian Kebakaran dalam Waktu Berdekatan

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 23 Agustus 2022
Dibaca: 582

Disdamkar Tangani 2 Kejadian Kebakaran dalam Waktu Berdekatan

Garut, Banyuresmi - Cisurupan. Operasi pemadaman kebakaran kembali dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut pada hari Selasa (23/08/2022). Kali ini petugas dari Markas Komando (Mako) dan Pos Cikajang yang menangani kebakaran di 2 lokasi yang berbeda.

Kejadian pertama ditangani oleh tim dari Mako di Kp. Taneuh Beureum, Desa Binakarya, Kecamatan Banyuresmi sekitar pukul 11.00 WIB. Petugas meluncurkan 2 unit kendaraan sekaligus, yakni 1 unit kendaraan pancar dan 1 unit kendaraan water supply.

Rumah milik Obang (50) terbakar pada bagian atap ruangan kamar dan ruang tengah sehingga harus menelan kerugian sekitar 50 juta rupiah. Diduga kebakaran berasal dari konsleting listrik.

Berselang 2 jam kemudian, terjadi kebakaran di Kp. Cirandog, Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan yang ditangani oleh Pos Disdamkar Cikajang. Menurunkan 1 unit kendaraan pancar, namun ternyata api cukup besar sehingga membutuhkan bantuan unit water supply dari Mako.

Terdapat 2 rumah yang terbakar sehingga kerugian mencapai lebih dari 100 juta rupiah. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini. Diduga penyebab kebakaran berasal dari kompor yang ditinggalkan ketika memasak.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatn, Syam Sumaryana menuturkan kejadian kebakaran bisa terjadi kapan saja dan dimana saja sehingga diperlukan tingkat kewaspadaan yang ekstra.

"Banyak sekali faktor penyebab kebakaran sehingga perlu mewaspadai segala macam faktor penyebabnya. Salah satunya kelalaian pemilik rumah yang bisa berakibat fatal. Misalnya ketika lupa mematikan kompor saat memasak. Maka dari itu hendaknya selalu teliti ketika hendak meninggalkan rumah". Tutupnya.
/

Rendra Pranata / Disdamkar


Penanggungjawab :

Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Bencana
Dhany Ramdhany, S.Sos.

08122336060




Komentar
Isi Komentar