Disdamkar Kabupaten Garut Evakuasi 3 Sarang Tawon Dalam 1 Hari

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 21 Pebruari 2022
Dibaca: 308

GARUT, Tarogong - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut mengevakuasi sarang tawon di 3 titik pada hari senin (21/02/2022).
Wakil Komandan Regu 1 Yusan Rizal mengatakan, lokasi pertama evakuasi berada di Perumahan Bumi Malayu Asri, Kecamatan Tarogong Kaler lalu lokasi ke dua di Pamoyanan, Kecamatan Tarogong Kidul, kedua lokasi ini di evakuasi oleh Petugas Disdamkar Kabupaten Garut dan lokasi ke tiga yang di evakuasi oleh Petugas Disdamkar Kabupaten Garut UPT Wil 2 Bungbulang yang bertempat di kampung pesantren, Kecamatan Bungbulang. keberadaan sarang tawon berukuran besar di 3 lokasi ini akibat dari pembiaran.

"Sarang tawon ditemukan warga dengan ukuran kecil, namun dibiarkan warga hingga membesar, hal itu karena ketidaktahuan warga akan bahaya adanya sarang tawon di lingkungan pemukiman" ujarnya.

Menurutnya, tawon yang di evakuasi di 3 lokasi ini adalah jenis Vespa Affinis. Jika dibiarkan berkembang biak, tawon jenis ini berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat.
"Kalau dilihat dari sarangnya, sudah lumayan lama sekitar 6 bulanan, dan sudah beranak pinak, populasinya juga sudah banyak," ucapnya.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Syam Sumaryana, SH., MH. menuturkan, dalam mengevakuasi sarang tawon yang besar-besar itu pihaknya menerjunkan satu unit mobil rescue untuk di lokasi satu dan dua beserta 5 personel sedangkan lokasi tiga dengan unit mobil pancar beserta empat personel.
"Sebelum kita evakuasi sarang tawon kita tutup pintu sarangnya dengan kapas lalu semprot menggunakan cairan bahan bakar dan obat khusus agar tawon yang berada di dalam bisa pingsan" tuturnya.

Setelah berhasil dievakuasi, sarang tawon dibawa petugas pemadam kebakaran kabupaten Garut untuk dimusnahkan.

"Untuk pelayanan Disdamkar Garut silakan masyarakat dapat menghubungi call center 0262232113. Pelayanan kami tidak dipungut biaya," imbuhnya.

(M Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar