Dinsos Garut siap Tangani ODGJ yang Meresahkan

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 14 September 2020
Dibaca: 417

Dinsos Kabupaten Garut memiliki alternatif lain untuk ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa)  yang memiliki kendala administrasi. ODGJ yang sulit dalam membuat NIK atau KTP akan dicarikan rumah sakit jiwa swasta ataupun memasukan mereka pada rumah rehabilitasi yang dimiliki Dinas sosial. Hal ini disampaikan  oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Garut, Kuraesin Relawati, Ketika dijumpai di kantor Dinas Sosial, Jumat (11/09/2020).

Dinas Sosial kabupaten Garut angkat bicara menganai laporan masyarakat tentang adanya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran dan meresahkan. Dinas Sosial menjelaskan bahwa mereka bertugas untuk menyalurkan para ODGJ pada pusat Rehablitasi. Adapun untuk melakukan Razia ODGJ yang berkeliaran dijalan ialah tugas dari  satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Tempat penyaluran rehabilitasi  ODGJ yang disediakan yaitu   rumah sakit jiwa yang berada di Cisarua ataupun Bogor. Namun untuk  bisa melakukan rehabilitasi   ada  beberapa prosedur  yang perlu ditempuh, salah satunya ialah adanya seorang yang menjadi penanggung jawab.  Lalu untuk ODGJ yang tidak memiliki NIK ataupun KTP akan dibantu Dinsos bekerjasama dengan Disdukcapil dalam proses pembuatannya. Akan tetapi  yang menjadi kendala dalam rehabilitasi ialah pada ODGJ yang berkeliaran dan tidak bisa diajak bicara yang tentunya sulit dimintai keterangan untuk pembuatan NIK atau KTP.

“Tentunya hal tersebut mudah dilakukan jika menangani ODGJ rumahan. Namun akan lebih sulit dilakukan jika berhubungan dengan ODGJ yang berkeliaran atau kiriman dan tidak bisa diajak bicara karena mereka kan tidak punya NIK atau KTP” ujar Kuraesin.




Komentar
Isi Komentar