City Branding Garut: Apresiasi Kreativitas dan Promosi Pariwisata Lokal
GARUT, Garut Kota - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menyelenggarakan Penghargaan City Branding Kabupaten Garut yang berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (31/12/2024).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menilai bahwa penghargaan City Branding ini merupakan suatu hal yang sangat positif. Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut.
Nurdin menuturkan, bahwa kegiatan ini memiliki dua substansi yang sangat penting, salah satunya yaitu memberikan motivasi kepada anak-anak muda khususnya di Kabupaten Garut agar dapat lebih berkreasi menampilkan karyanya yang luar biasa.
Selain itu, Nurdin mengungkapkan bahwa kegiatan ini secara tidak langsung mengeksplor destinasi wisata, sehingga destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut akan lebih tersosialisasi dengan baik dan banyak dikagumi oleh para wisatawan.
"Maka di situ akan terdapat potensi untuk mendapatkan minimal tanggapan, sekaligus orang juga berdecak kagum, biasanya gambar itu kan menarik, oleh sebab itu ini juga memungkinkan masyarakat juga nanti tidak tahu Garut akan datang ke situ," katanya.
Terakhir, ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga dapat menguatkan aspek ekonomi masyarakat khususnya bagi para pedagang di sektor jasa ataupun barang di sekitar lokasi tempat wisata.
"Sehingga ekonomi itu akan merangkak dengan bersama-sama, saya kira itulah poin apresiasi kami kepada Dinas Pariwisata atas konteks kegiatan ini," lanjutnya.
Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Luna Avriantini, mengungkapkan bahwa dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut yang bermuara kepada meningkatnya pembangunanan perekonomian masyarakat yang berkelanjutan khususnya melalui sektor pariwisata, kebudayaan, pertanian dan industri kreatif, pihaknya menggelar Sayembara City Branding, Lomba Fotografi dan Lomba Video (Konten) Pariwisata.
"City Branding Kabupaten Garut dibutuhkan untuk menciptakan citra positif yang kuat dan membedakan daerah tersebut dari tempat lain, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional," ujar Luna.
Selain city branding, imbuh Luna, media foto dan video juga menjadi salah satu media yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata. Ia mengungkapkan, Lomba Fotografi dan Video Wisata dapat membantu meningkatkan daya saing suatu daerah dalam menarik wisatawan.
Luna menerangkan, bahwa Sayembara City Branding Kabupaten Garut diikuti oleh 161 karya, lomba video diikuti oleh 26 peserta, dan fotografi diikuti oleh 45 peserta.
Ia menuturkan, pihaknya melibatkan beberapa juri Sayembara City Branding yaitu Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Bandung Chapter, Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut, Komunitas Ekonomi Kreatif dan Media Digital. Sementara lomba Fotografi dan Video Konten Pariwisata meliputi juri dari Garut Photography Community (GPC), Komunitas Fotografer Garut (KFG), Garut Film Forum dan Mata Visual.
Di tempat yang sama, salah satu pemenang lomba City Branding asal Kabupaten Garut, M. Fahreza Aulia, mengaku senang setelah mendengar bahwa dirinya menjadi satu-satunya perwakilan Garut yang masuk ke dalam 5 besar. Ia menilai, bahwa kompetisi desain grafis di Indonesia memang sangatlah tinggi.
Dalam sayembara ini, M. Fahreza, menyampaikan bahwa dirinya mengusung slogan Gurilaps, di mana GURILAPS sendiri memiliki arti Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Seni Budaya. Ia menuturkan, bahwa GURILAPS sendiri merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Ia juga menekankan sebuah kolaborasi, di mana seluruh unsur tersebut tidak berdiri sendiri namun merupakan suatu kesatuan.
"Makanya kami ingin bahwa memang kolaborasi itu merupakan suatu inti, suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap manusia, terutama di Garut ini," tandasnya.
Adapun daftar pemenang pada kegiatan ini diantaranya adalah:
A. Video
1. Juara 1: Marcello Tristan
2. Juara 2: Gilang Purnama
3. Juara 3: Muhammad Rizqi
4. Juara Favorit 1: Sandi Ikhsan
5. Juara Favorit 2: Lupi Pirmansah
B. Fotografi (Kategori Smartphone)
1. Juara 1: Rifki Faturohman
2. Juara 2: Abdul Ghani Ramadhan
3. Juara 3: Muhamad Zakaria
4. Juara Favorite 1: Raymond Suryajaya
5. Juara Favorite 2: Fransiska
C. Fotografi (Kategori Kamera)
1. Juara 1: Idris Nur Shaleh
2. Juara 2: Eddy Hermansyah
3. Juara 3: Irhan Khoirul Akbar
4. Juara Favorite 1: Dadi Hernada
5. Juara Favorite 2: Bayu Tresna Sunda
D. City Branding
1. I Gede Hoga Wiratmaja asal Kabupaten Buleleng, Bali memiliki slogan JOYFUL GARUT dengan skor 356.
2. Qamaludin Bashori asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki slogan Garut SAE dengan skor
330
3. David Amir Syaifudin, asal Kota Kediri, Jawa Timur, memiliki slogan ABSOLUT dengan skor 307
4. M. Fahreza Aulia asal Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki slogan GURILAPS dengan skor 306
5. Jemmi Hadi Sota, asal Samarinda, Kalimantan Timur memiliki slogan Intan Tatar Priangan dengan skor 303.
Caption :
Pelaksanaan Penghargaan City Branding Kabupaten Garut yang berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (31/12/2024).
(Foto : Anggana Mulia/ Sofyan Fauzi/ Rahmatillah Ramadhani/ Diskominfo Kab. Garut)
Penulis : Nindi Nurdiyanti
Penyunting : Ihsan Tadris Syifa