Meski Dianugrahi Pemimpin Inspiratif Pembangunan, Rudy-Helmi Merasa Belum Maksimal Memimpin Kabupaten Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 29 Juni 2023
Dibaca: 215

Meski Dianugrahi Pemimpin Inspiratif Pembangunan, Rudy-Helmi Merasa Belum Maksimal Memimpin Kabupaten Garut 

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengungkapkan, jika dirinya bersama dr. Helmi Budiman, pada masa periode kedua ini belum merasa maksimal dalam memimpin Kabupaten Garut, salah satunya karena adanya pandemi Covid-19, yang penanganannya membutuhkan anggaran yang cukup besar. 

Rudy mengungkapkan, sebelumnya dirinya bersama dr. Helmi Budiman memiliki cita-cita untuk membangun Kabupaten Garut dengan anggaran yang penuh, di mana pihaknya sudah mengetahui persoalan Kabupaten Garut sejak di periode pertama.

"Di periode kedua kita ternyata tidak bisa berbuat apa-apa karena Covid-19, anggaran tidak bisa dioptimalkan sehingga hasilnya pun tidak bisa maksimal," ucap Rudy Gunawan, dalam acara talkshow Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Harian Garut News di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa malam (27/6/2023).

Rudy mengatakan, bahwa di periode pertama pemerintah daerah sanggup membebaskan lahan untuk jalan sepanjang 27 km. Sedangkan di periode kedua, seharusnya pihaknya mampu membangun Kota Garut yang diprediksi memerlukan anggaran sekitar 2 tirilun rupiah untuk membangun Kabupaten Garut.

"Menyisihkan 400 miliar setiap tahun selama 5 tahun membangun Kota Garut. Ada jembatan, karena Garut itu dibatas dengan Sungai Cimanuk tapi jembatannya kurang," ujarnya.

Pada periode kedua pula, kata Rudy, angka kemiskinan di Kabupaten Garut sebelumnya adalah 8,8%, padahal pemerintah daerah memiliki target 6%. Namun karena adanya Covid-19, angka kemiskinan pun naik ke angka 10%.

Meski begitu, lanjut Rudy, Pemerintah Kabupaten Garut berhasil menyelamatkan masyarakat Garut dari pandemi Covid-19. Ia bersyukur bahwa di sela masa pandemi, pihaknya masih bisa membangun beberapa fasilitas seperti kolam renang akuatik, perbaikan beberapa ruas jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, dan beberapa hal lainnya.

"Kami masih mampu untuk memberikan secara konsisten bantuan-bantuan keuangan kepada desa, kepada lembaga-lembaga keagamaan, kepada MUI, di sela-sela kita menghadapi Covid-19," tandasnya.

Dalam talkshow itu bupati tidak sendirian, selain didampingi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, juga hadir bersama istrinya masing-masing yang dipandu Tata Anshori, selaku Pemimpin Umum Harian Garut News. Dalam kesempatan tersebut, Harian Garut News memberikan penghargaan kepada dua pasangan ini sebagai Pemimpin Inspiratif Pembangunan Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengucapkan selamat kepada Harian Garut News yang kini telah menginjak usia ke-10 tahun. Ia mengatakan, bahwa Harian Garut News telah berkomitmen menjadi sebua media yang profesional 

"Harian Garut News yang tentu tadi sudah berkomitmen bahwa akan menjadi profesional memberikan pendidikan yang sangat berarti bagi komunikasi dan informasi yang tentu hari ini berulang tahun yang ke-10 Kang Igie dan kawan-kawan," ucap Rudy.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Harian Garut News, Igie N. Rukmana, menyampaikan bahwa di usia yang ke-10 tahun ini, Harian Garut News akan selalu tetap objektif, jernih, fair (adil), independen, mandiri, dan bertanggung jawab.

"Pemberitaan Harian Garut News bukan sekadar melihat apakah sesuatu berjalan baik sesuai dengan yang digariskan dan ikut mengharapkan tetapi juga ikut berusaha agar sesuatu berjalan terjadi dan dilaksanakan sebagaimana seharusnya," ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa sejalan dengan 2 periode kepemimpinan Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut, Harian Garut News akan hadir sebagai media yang berusaha menggairahkan semangat demokrasi dan menyadarkan masyarakat akan kemampuannya untuk ikut berkomunikasi secara luas.

"Harian Garut News akan tetap menjalankan tugasnya menjadi penjaga, pemantau, dan pengontrol untuk mendorong terciptanya pemerintahan yang baik dan tentu menggawangi para awak medianya menjadi jurnalis yang jujur," lanjutnya.

Di tempat yang sama, salah satu penerima penghargaan yaitu Sekretaris Panitera Mahkamah Agung Republik Indonesia, Iyus Suryana yang mendapatkan penghargaan dengan kategori Birokrat Putra Daerah Berprestasi di Level Nasional, mengatakan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Harian Garut News. Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun, dan berharap agar Harian Garut News dapat selalu maju dan bisa memberikan berita-berita yang bisa memotivasi masyarakat Garut.

"Saya sebagai salah satu warga Garut yang alhamdulilah sekarang berada dan bertugas di Jakarta, di Mahkamah Agung merasa berbangga atas penghargaan ini. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi saya sendiri dan juga warga Garut mudah-mudahan putra putri daerah Garut yang berkembang yang maju di tingkat nasional," tandasnya.

Berikut para penerima penghargaan Penghargaan HGN Award 2023 yang diberikan oleh Harian Garut News dalam rangka HUT ke-10 :

1. Birokrat Putra Daerah Berprestasi di Level Nasional : Sekretaris Panitera Mahkamah Agung - Dr. H. Iyus Suryana, SH., MH

2. Ketua DPRD Perempuan Pertama Sepanjang Sejarah Kabupaten Garut :

Ketua DPRD Kabupaten Garut - Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si

3. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Paling Intens Turun ke Daerah :

Anggota DPRD F-PAN Provinsi Jawa Barat - H. Enjang Tedi, S.Sos., M.Sos

4. Pioneer dalam Menciptakan Etos Kerja, Loyalitas, dan Profesionalisme di Dunia Pendidikan :

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut - H. Ade Manadin, S.Pd., M.Pd

5. Perbankan Paling Peduli terhadap Perekonomian Desa :

Bank BJB 

6. PNS Berintegritas dan Konsisten dalam Menyajikan Informasi Pemerintah Kabupaten Garut :

Sub Koordinator Kemitraan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut -  Yanyan Agus Supianto, S.IP., M.Si

7. Lurah Penggerak Swada dan Gotong-royong di Masyarakat :

Lurah Kota Wetan Kecamatan Garut Kota - Galih Mawariz Suryana, S.E., SIP., M.Si

8. Lurah Pendongkrak Perekonomian Masyarakat Perkotaan :

Lurah Paminggir Kecamatan Garut Kota - Asep Ridwan, SE

9. Kepala Desa Terinovatif dalam Peningkatan Kapasitas SDM Wisata Desa :

Kepala Desa Indralayang Kecamatan Caringin - Yan Yan Wijana Somantri

10. Penggagas BUMDes Nasional :

Wakil Ketua APDESI Kabupaten Garut - H. Isep Basir

11. Kontributor Penyaji SDM bidang Pariwisata dan Pelayaran Kabupaten Garut :

Ketua Lembaga Intan Pariwisata Garut - Brian Rizky Giani

12. Entrepreneur Muda di Bidang Dunia Usaha Perkulitan - Gilang Ramdan Maulana


Peringatan HUT ke-10 Harian Garut News di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa malam (27/6/2023). (Foto: Muhamad Azi Zulhakim/ Ilham Kautsar Prawira/Bagus/Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supiantoa




Komentar
Isi Komentar