Kolaborasi Forum TBM Garut dan Dispusip Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Rabu, 22 Desember 2021
Dibaca: 489

Kolaborasi, merupakan kunci kemajuan sebuah gerakan literasi. "sebab dalam pelaksanaannya literasi diperlukan kolaborasi dan sinergi semua pihak, baik dari pemerintah pusat, daerah, komunitas, maupun lembaga lainnya,”jelas Rahmat (Ketua. Forum TBM Garut).


Senada dengan pernyataan tersebut, Dra. Lisnawati, M.Si, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupten Garut juga menyatakan hal yang sama. "bahwa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak salah satunya antara Dispusip dengan Forum TBM Garut merupakan kunci kemajuan sebuah gerakan, sebab gerakan literasi merupakan tanggung jawab kita bersama" ujarnya.

Tatang Wahyudin, S.Sos., M.Si, selaku kabid layanan perpustakaan mengatakan, bahwa "kalau gerakan literasi kita mau maju dan berkembang maka dibutuhkan kerjasama semua pihak termasuk salah satunya antara Forum TBM Garut dengan Dispusip, sebab kedua unsur ini saling menopang satu sama lainnya, kalau di ibaratkan dalam sebuah keluarga, pegiat literasi baik TBM atau komunitas lainnya bagaikan anak, maka Dispusip merupakan sang ibu".

Dalam kolaborasi hari ini, ada beberapa hal yang di sepakati dalam perjanjian kerjasama dan tentunya untuk di tindak lanjuti, antara lain, (1). Sinergitas dalam data TBM/Komunitas, (2). Pengelolaan Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), (3). Pengelolaan Motor Baca.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam upaya meningkatkan gerakan literasi di kabupaten Garut khususnya.




Komentar
Isi Komentar