Bupati Garut Lepas Kontingen Olahraga POPDA XIII Jawa Barat, PEPARPEDA III Jawa Barat, dan FORNAS VIII Tahun 2023

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Selasa, 27 Juni 2023
Dibaca: 3080

Bupati Garut Lepas Kontingen Olahraga POPDA XIII Jawa Barat, PEPARPEDA III Jawa Barat, dan FORNAS VIII Tahun 2023

GARUT, Tarogong Kidul - Bupati Garut, Rudy Gunawan, melepas secara resmi kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jawa Barat, Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) III Jawa Barat, dan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VIII Tahun 2023, bersamaan dengan pelaksanaan apel gabungan terbatas di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (26/6/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut berharap, para kontingen asal Kabupaten Garut nantinya dapat mewarnai pelaksanaan kompetisi olahraga, salah satunya yaitu FORNAS yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 7 Juli 2023 mendatang. Rudy juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut untuk mempromosikan beberapa cabang olahraga masyarakat untuk bisa memberikan gairah terhadap olahraga masyarakat di Kabupaten Garut.

Ia juga berharap, bahwa kontingen PEPARPEDA dan POPDA asal Kabupaten Garut dapat meraih prestasi, salah satunya yaitu dalam cabang olahraga renang. Bupati Garut juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Garut sendiri terdapat kolam renang terbaik se-Provinsi Jawa Barat yaitu Kolam Renang Akuatik Talaga Bodas.

"Kita akan membangun satu kawasan lagi di Kerkhof untuk bisa melengkapi keadaan yang berhubungan dengan prestasi olahraga Kabupaten Garut," ujarnya.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini pihaknya mengirimkan 136 kontingen yang mengikuti 14 induk organisasi olahraga (inorga).

Ia berharap, semua atlet yang mengikuti FORNAS Tahun 2023 ini dapat mengikuti kompetisi olahraga tersebut dengan gembira dan berprestasi. Melalui FORNAS, Diah berharap, masyarakat sadar bahwa olahraga bukan hanya untuk prestasi tapi dengan ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat karena angka kebahagiaan itu salah satunya dari olahraga. Mungkin yang kita harapkan masyarakat sadar bahwa olahraga itu sangat penting," ucapnya.

Dalam pelaksanaan POPDA XIII Jawa Barat Tahun 2023, Kabupaten Garut mengirimkan 15 cabang olahraga, dengan jumlah atlet sebanyak 101 orang, yang akan dilaksanakan di Kota Bandung pada tanggal 1-10 Juli 2023.

Sementara untuk PEPARPEDA III Jawa Barat Tahun 2023 sendiri, Kabupaten Garut mengirimkan 5 cabang olahraga dengan jumlah atlet sebanyak 23 orang, yang diselenggarakan di Kabupaten Garut pada tanggal 26 - 28 Juni 2023 di Kawasan SOR RAA Adiwijaya Kabupaten Garut.

Untuk pelaksanaan FORNAS VIII sendiri, Kabupaten Garut mengirimkan 14 cabang olahraga dengan atlet sebanyak 101 orang, yang akan dilaksanakan di Soreang Kabupaten Bandung pada tanggal 1-7 Juli 2023.

Selain pelepasan kontingen olahraga, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan piala SAKIP Award kepada 10  peringkat nilai terbaik untuk perangkat daerah dan kecamatan, penyerahan secara simbolis kepada penerima manfaat jaminan kematian kepada ahli waris perangkat desa, dan penyerahan penghargaan dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Rekor MURI kepada Gerakan Anti Narkotika Nasional Amartha (GANNA) atas kegiatan Gema War On Drugs dengan menyanyikan mars BNN "Anti Narkotika" dengan peserta terbanyak.


Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara resmi Melepas Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jawa Barat, dan Kontingen Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) III Jawa Barat, dan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VIII Tahun 2023, bersamaan dengan apel gabungan terbatas di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (26/6/2023). (Foto: Moch Ahdiansyah/ Diskominfo Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar